Stimulasi Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Papan Titian
Abstract
Pendidikan anak usia dini yaitu suatu upaya pemberian rangsang dalam membantu perkembangan jasmani dan rohani supaya memiliki kesiapan pada tingkat pendidikan dasar. Pemberian rangsang tersebut diantaranya meliputi aspek motorik, kognitif, bahasa, nilai agama moral, seni, dan sosial emosional. Enam aspek tersebut saling berkaitan, dengan demikian pendidikan yang diberikan harus bersifat menyenangkan supaya anak dapat berkembang sesuai tahapan usianya. Peneliti melakukan pengamatan langsung di salah satu Lembaga TK ABA Landungsari Pekalongan khususnya kelompok B2, TK tersebut terletak di jalan HOS Cokroaminoto gang 13 Landungsari Pekalongan. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah yang memiliki prestasi yang cukup baik dan memiliki program pengembangan motorik kasar. Berdasarkan observasi peneliti di kelompok B 2 TK ABA Landungsari Pekalongan ditemukan hasil observasi yaitu dari 18 peserta didik, hanya di temukan 3 peserta didik saja yang sudah mampu berdiri di atas satu kaki dengan kedua tangan merentang tanpa bergoyang dan tanpa saling memegang temannya dengan menggunakan waktu sepuluh hitungan. Selain observasi, peneliti juga melakukan wawancara, berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan kepala sekolah ditemukan program pengembengan motorik kasar diantaranya, dengan permainan papan titian, engklek, lompat tali dan senam yang dilaksanakan pendidik untuk membangkitkan semangat anak sebelum belajar, sehingga pengembangan tersebut mampu menguatkan otot-otot besar anak.