PERAN CRITICAL THINKING DALAM MENDORONG KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 MENUJU ERA REVOLUSI INDUSTRI 5.0

Abstract

Pendidikan abad ke-21 merupakan sebuah pembelajaran yang memadukan kemampuan literasi, kecakapan dalam ilmu pengetahuan, keterampilan, serta penguasaan teknologi informasi dan komunikasi. Kecakapan yang dibutuhkan pada abad 21 menuju abad 22 adalah dengan menerapkan keterampilan berpikir lebih tinggi atau bisa disebut dengan critical thinking guna mempersiapkan siswa dalam menghadapi semua medan dan halang rintangan global. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa penting critical thinking dalam mendorong maupun mengembangkan kreativitas peserta didik di era 4.0 menuju era 5.0, khususnya di Negara Indonesia. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang diambil dari berbagai macam sumber-sumber karya tulis ilmiah yang sudah ada yang sesuai dengan judul pembahasan materi ini. Hasil yang didapat dari analisa semua bahan yang menyangkut materi ini, dari sumber utama maupun sumber pendukung judul ini adalah bahwa, peran critical thinking ini sangatlah mempengaruhi dalam proses penciptaan maupun memunculkan sebuah kreativitas pada peserta didik di era 4.0. dengan bantuan serta dorongan dari pendidik-pendidik yang profesional, dapat dipastikan peserta didik mampu untuk mengikuti perkembangan konsep pembelajaran berbasis robot yang ada di era 5.0.