DIMENSI-DIMENSI PENDIDIKAN DALAM ISLAM

Abstract

Tulisan ini bertujuan mengungkap dimensi-dimensi pendidikan dalam Islam. Hakekat pendidikan Islam merupakan proses tanpa akhir sejalan dengan konsensus universal yang ditetapkan oleh Allah swt. dan Rasul-Nya. Pendidikan yang terus-menerus dikenal dengan istilah “min al-mahdi ila al-lahd” (dari buaian sampai liang lahad) atau dalam istilah lain “life long education” (pendidikan sepanjang hayat). Demikian juga tugas yang diberikan pada lembaga pendidikan Islam, harus bersifat dinamis, progresif dan inovatif mengikuti kebutuhan peserta didik dalam arti yang luas. Penelitian ini adalah library research (riset kepustakaan). Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada enam dimensi pendidikan dalam Islam, yakni dimensi pendidikan jasmani (al-ahdaf al-jismiyah), dimensi pendidikan ruhani (al-ahdaf al-ruhaniyah), dimensi pendidikan akal (al-ahdaf al-aqliyah), dimensi pendidikan sosial (al-ahdaf al-ijtimaiyah), dimensi pendidikan akhlak (moral), dan dimensi pendidikan estetika (keindahan).