PENGELOLAAN PENDIDIKAN BERMUTU DI MADRASAH

Abstract

Madrasah sebagai lembaga pendidikan formal sudah dikenal sejak awal abad ke 11 atau 12 M, yaitu sejak dikenal adanya madrasah Nidzamiyah yang didirikan di Baghdad oleh Nizam Al-Mulk. Pendirian madrasah ini telah memperkaya khasanah lembaga pendidikan di lingkungan masyarakat Islam, karena pada masa sebelumnya masyarakat Islam hanya mengenal pendidikan tradisional yang diselenggarakan di masjid-masjid dan dar al-khuttab. Namun, eksistensi madrasah saat ini telah terabaikan selama beberapa periode terakhir. Hal ini tentunya menjadi tantanga pengelola Madrasah saat ini. Untuk menjawab tantangan madrasah, maka harus dirumuskan sebuah formula yang harus dijawab dan diimplementasikan, yaitu: 1) pengelolaan pendidikan bermutu di madrasah, 2) konsep pendidikan bermutu di madrasah, 3) prinsip-prinsip pengelolaan pendidikan di madrasah, 4) permasalahan-permasalahan yang dihadapi di madrasah dan solusi pemecahan masalah-masalahnya.