TEKNOLOGI DALAM BINGKAI PENDIDIKAN

Abstract

Tulisan ini mengkaji tentang teknologi dalam bingkai Pendidikan. Teori yang dibangun dari tulisan ini adalah teori filsafat progresivisme dan teori konstruktivisme. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research), dimana sumber datanya diperoleh dari literatur-literatur, seperti: buku, jurnal ilmiah, dan sejenisnya. Data yang dikumpulkan kemudian dibahas menggunakan pendekatan deskriptif analitis. Dari tulisan ini diungkapkan bahwa saat ini keberadaan teknologi sering dijadikan ukuran dalam kemajuan sebuah lembaga pendidikan, tak terkecuali dalam pendidikan Islam. Akses terhadap teknologi sampai saat masih belum merata, sehingga lembaga pendidikan Islam di wilayah pedalaman masih memiliki ketidakmampuan untuk melakukan akses terhadapnya. Di sisi lain, kemampuan menggunakan teknologi dalam pembelajaran masih menjadi perihal yang perlu dibenahi, tidak sedikit dari SDM di lembaga pendidikan Islam yang tidak memiliki kemampuan untuk menggunakan/melakukan pembelajaran berbasis teknologi.