PEMANTAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR PESERTA DIDIK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memantapkan penggunaan strategistrategi pembelajaran eksak seperti matematika, IPA dan materi-materi pelajaran umum lainnya ke dalam strategi pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dengan menganalisis sumber primer dari jurnal-jurnal ilmiah yang sesuai dengan tema penelitian ini lalu dideskripsikan sesuai dengan data-data yang ada dan sumber sekunder dari beberapa buku tentang strategi pembelajaran. Penelitian ini menemukan bahwa pemantapan strategi pembelajaran kontekstual sebagai salah satu strategi pembelajaran eksak, dapat digunakan dengan efektif dalam pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI). Strategi ini terbukti mampu menciptakan kemampuan berpikir peserta didik terutama berpikir kritis. Strategi pemeblajaran ini dapat diterapkan dengan mengaktualisasikan konsep-konsep yang dimilikinya ke dalam konteks yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa sesuai dengan tema pembelajaran.