IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN STRATEGI MULTIPLE INTELLIGENCES DI SEKOLAH

Abstract

Tulisan ini ingin menunjukan bahwa guru dituntut untuk kreatif dalam mengoptimalkan kecerdasan yang dimiliki oleh siswanya, berbagai strategi multiple intelligences dapat diterapkan untuk pelajaran agama Islam yang kreatif, sehingga proses pembelajaran akan hidup dan siswa tidak sulit memahami pelajaran dan tidak bosan pada saat proses pembelajaran karena gurunya mampu mengembangkan kecerdasan yang dimiliki oleh siswanya. Penerapan strategi multiple intelligences di sekolah dilakukan dengan memberdayakan semua jenis kecerdasan yang ada pada setiap mata pelajaran dan mengoptimalkan pencapaian mata pelajaran tertentu berdasarkan kecerdasan yang menonjol pada masing-masing siswa. Penerapan Pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) dengan menggunakan strategi multiple intelligences terbukti mampu mendorong guru mengajar secara kreatif dan memandang anak didiknya secara positif, di mana setiap siswa adalah cerdas tidak ada siswa yang bodoh. Implementasi proses pembelalajaran dengan menggunakan seluruh kecerdasan yang dimiliki oleh setiap siswa, terbukti dapat menemukan kesuksesan yang besar, yakni proses pembelajaran yang menyenangkan dan demokratis.