ASPEK-ASPEK PERKEMBANGAN PSIKOLOGI ANAK-ANAK MANTAN TERPIDANA TERORIS DI INDONESIA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perdebatan yang terjadi dalam komunitas akademik tentang psikologi anak-anak yang hidup dalam tekanan, mengungkap bentuk-bentuk psikologis yang dirasakan anak-anak mantan terpidana teroris di Indonesia, membuktikan peranan keluarga, masyarakat dan pengaruh media masa terhadap perkembangan psikologi anak-anak dan cara pandang masyarakat dalam menyikapi keberadaan anak anak teroris. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan perpustakaan dan kasus di lapangan. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Wawancara dilakukan kepada istri, anak, keluarga, guru, dan teman-teman anak-anak mantan terpidana teroris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa psikologi anak dipengaruhi oleh berbagai aspek perkembangan psikologi anak, namun faktor bawaan yang ditularkan oleh orang tua, dan lingkungan di mana anak bersosialisasi lebih dominan.