HUBUNGAN DISIPLIN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan disiplin dan motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan studi kasus dan kepustakaan. Sumber data penelitian diperoleh dari guru dan siswa pada saat proses pembelajaran di kelas sebagai sumber primer dan dari beberapa guru yang lain sebagai sumber sekunder. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang erat antara disiplin dan motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik. Belajar merupakan cerminan dari mutu intelektual, kerajinan dan ketekunan seseorang dalam belajarnya. Salah satu realisasi hasil belajar ialah perolehan nilai Rapor. Disiplin adalah setiap perseorangan dan juga kelompok yang menjamin adanya kepatuhan terhadap perintah dan berinisiatif untuk melakukan suatu tindakan yang diperlukan apabila tidak ada perintah. Dalam konteks disiplin belajar berupa kepatuhan peserta didik terhadap perintah guru dan orang tua di rumah dalam usaha mencapai kemampuan, kerajinan dan ketekunan yang dicerminkan melalui perolehan nilai. Adapun Motivasi adalah suatu dorongan perubahan energy dalam diri (pribadi) seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan. Hasil belajar berhubungan positif dengan disiplin belajar dan motivasi belajar.