IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DENGAN MEDIA WHATSAPP DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) BINAMADANI TANGERANG UNTUK MENCIPTAKAN MAHASISWA AKTIF BELAJAR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan mengimplementasikan pembelajaran daring materi PAI dengan media whatsApp pada mahasiswa agar aktif belajar pada saat kuliah berlangsung. Penelitian ini dapat dikategorikan ke dalam penelitian deskriptif kualitatif, yaitu peneliti berusaha menggali informasi dan melakukan rencana dan pelaksanaan pembelajaran dengan maksimal, yakni dengan mendesain pembelajaran terlebih dahulu lalu menerapkannya pada saat proses pembelajaran dengan media whatsApp. Peneliti sebagai instrumen utama, menggali data dengan melakukan observasi secara mendalam dari sumbernya yaitu mahasiswa sekaligus sebagai informan yang terdiri dari dua kelas reguler pagi berjumlah 25 mahasiswa dan dua kelas reguler sore berjumlah 40 mahasiswa jurusan PAI program sarjana strata satu. Hasil penelitian menemukan bahwa kemampuan dosen dalam mendesain pembelajaran materi PAI yang sesuai antara media whatsApp dengan kondisi pandemi covid 19 terbukti efektif dan mampu mengaktifkan belajar mahasiswa. Temuan ini sekaligus menolak penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa pembelajaran dengan media whatsApp tidak efektif. Desain, Implementasi, Pembelajaran Materi PAI, WhatsApp dan Aktif Belajar