EFEKTIVITAS CITY BRANDING “SPARKLING SURABAYA” PEMERINTAH KOTA SURABAYA DALAM MENARIK WISATAWAN MANCANEGARA

Abstract

Kota Surabaya sebelumnya hanya dikenal sebagai salah satu kota dengan pusat bisnis unggul di Indonesia. Namun, pada kenyataannya, kota ini memiliki keunggulan di bidang pariwisata. Dengan demikian, dibutuhkannya suatu evaluasi berupa efektivitas dari beberapa program yang dirancang oleh Pemerintah Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Melalui metode ini, peneliti menggambarkan bagaimana efektivitas city branding yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Surabaya. Terdapat juga beberapa faktor lain yang berpengaruh terhadap efektivitas city branding “Sparkling Surabaya” yang mampu menarik minat wisatawan mancanegara seperti ketersediaan fasilitas pariwisata, keamanan lingkungan, potensi bisnis dan kerjasama yang dapat dikembangkan di Surabaya.