PEMENUHAN PENDIDIKAN ANAK-ANAK PMI DI MALAYSIA OLEH PUSAT PENDIDIKAN WARGA NEGERA INDONESIA

Abstract

Keikutsertaan komunitas atau institusi masyarakat dalam pengentasan masalah sosial merupakan fenomena yang telah umum terjadi, terlebih saat kasus yang tengah diperhatikan sejalan dengan nilai-nilai yang diperjuangkan oleh komunitas terkait. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Pusat Pendidikan Warga Negara Indonesia (PPWNI) dalam pengentasan kasus lemahnya pemenuhan hak pendidikan bagi anak Pekerja Migran Indonesia, terutama bagi para Pekerja Migran ilegal. Berangkat dari keadaan tersebut, penelitian ini bermaksud untuk secara deskriptif membahas mengenai peran PPWNI dalam mewujudkan hak pendidikan anak pekerja migran ilegal asal Indonesia di Klang, Malaysia. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kajian ini menggunakan konsep EFA (Education for All) dan menggambarkan PPWNI sebagai institusi penyedia pendidikan alternatif yang berperan penting dalam permasalahan ini yang dapat dilihat dari langkah yang dilakukan PPWNI dalam mewujudkan hak pendidikan anak Indonesia di Klang. Mulai dari pendaftaran yang mudah hingga biaya sekolah yang terjangkau, sesuai dengan indikator kinerja pemenuhan hak pendidikan anak.