GELORA E-SPORT DAN FORMATISASI NATION BRANDING DALAM MISI AMBISIUS PENGAKUAN KEDAULATAN TAIWAN
Abstract
Artikel ini membahas tentang upaya Taiwan dalam menciptakan branding nasionalnya melalui e-sport. Di tengah situasi politik dan konflik yang bergejolak serta jauh dari stabil, Taiwan terus berjuang dalam menciptakan budaya yang diharapkan bisa membentuk brand tertentu di mata masyarakat internasional. Dalam konteks menjamurnya fenomena e-sport di Taiwan serta adanya relasi dunia e-sport yang tidak dapat dipisahkan dari dunia politik praktis, maka artikel ini mencoba mendiskusikan pertanyaan: bagaimanakah strategi Pemerintah Taiwan dalam memanfaatkan e-sport untuk membentuk nation branding yang positif di mata masyarakat internasional? dan bagaimanakah Pemerintah Taiwan menggunakan e-sport sebagai sarana dalam perjuangan meraih pengakuan kedaulatan mereka dari masyarakat internasional? Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pertanyaan penelitian bersifat deskriptif. Data diperoleh melalui teknik dokumentasi dan dianalisa secara deskriptif dengan model interaktif menurut Matthew B. Miles. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Taiwan telah melakukan beberapa strategi efektif untuk mendominasi pasar e-sport global dengan tujuan meraih pengakuan dari masyarakat internasional, seperti melalui pendanaan dan kebijakan menjadikan e-sport sebagai kegiatan ekstrakulikuler di sekolah.