تحليل الأخطاء النحوية في مهارة الكلام لدى طالبات الفصل السابع بمعهد محمدية عبد الرزاق فخر الدين يوكياكرتا
Abstract
Kesalahan berbahasa merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dalam pembelajaran Bahasa Asing, kesalahan-kesalahan tersebut bisa diminimalisir bahkan dihilangkan jika telah diketahui pola kesalahan yang dilakukan oleh pembelajar bahasa. Analisis Kesalahan (Error Analysis) atau dalam bahasa Arab disebut dengan Tahlilul Akhthaa adalah sebuah prosedur kerja yang memiliki langkah-langkah tertentu yang meliputi Pengumpulan sample, pengidentifikasian kesalahan yang terdapat dalam sample, penjelasan kesalahan tersebut, pengklasifikasian kesalahan itu berdasarkan penyebabnya, serta Pengevaluasian atau Penilaian taraf keseriusan kesalahan itu. Tulisan ini mengungkapkan hasil penelitian terhadap kesalahan berbahasa Arab yang dilakukan oleh Siswa MBS Ar-Fachruddin Yogyakarta. Dalam menganalis data yang dipemleh, peneliti mengunakan teknik analisis kesalahan (Error analysis) dalam keteranpilan berbicara bahasa Arab yang terdapat dalam kertas pelanggaran bahasa yang dijadikan sample penelitian. Sebelum dilakukan analisis, terlebih dahulu ditetapkan jenis kesalahanyang akan diteliti. Jenis kesalahan berbicara yang diteliti dari setiap percakapan sehari-hari , sintaksis (nahwiyah), dan semantik (dalaliyah).Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan nahwiyah dalam berbicara sering terjadi di Al’adad, Sifah dan Mausuf, Taknis dan Tazkir, Taqdim dan Takhir.