NILAI HISTORIS DAN FILOSOFIS PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN TA’MIRUL ISLAM

Abstract

Penelitian ini   dilakukan dengan 2 tujuan yaitu: untuk mengetahui latar belakang historis berdirinya Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta, dan mengetahui filosofis berdiri dan berkembangnya Pendidikan Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dan yang dijadikan subjek penelitian adalah Badan Wakaf, Bapak Pimpinan Pondok, Direktur KMI Putri, Ustadz/ustadzah, dan Remaja Masjid Tegalsari Surakarta. Metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian disusun dan dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif, melalui tahapan reduksi data, penyusunan data dan pengambilan kesimpulan. Hasil diperoleh bahwa nilai historis Pendidikan Pondok Pesantren Ta’mirul Islam adalah Pendidikan yang diterapkan di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam yaitu dengan sistem Kulliyyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) yang berarti Sekolah Pendidikan Guru Islam dengan mengadopsi kurikulum Pondok Pesantren Modern Gontor dan kurikulum Nasional. Sedangkan nilai filosofis Pendidikan Pondok Pesantren Ta’mirul Islam tertuang dalam Nilai Panca Jiwa Pondok, Motto Kelembagaan, Falsafah motto kependidikan.