EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ANWA’UL KALIMAH MENGGUNAKAN METODE TAMYIZ DI PONDOK TAHFIDZUL QUR’AN TARBIYYATUL UMMAH NGRUKI SUKOHARJO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan proses pembelajaran anwa’ul kalimah menggunakan metode tamyiz, serta untuk mengetahui tingkat efektivitas pembelajarannya. Penggunaan metode tamyiz memiliki kedudukan sebagai variabel bebas dan keefektifan pembelajaran Anwarul kalimah sebagai variabel terikat. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Teknik interview, observasi, kuesioner, serta dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode tamyiz menjadikan pembelajaran di kelas hidup, hal ini dikarenakan siswa dituntut aktif mengikuti pelajaran. Adapun analisis data terhadap tingkat keefektifan yang berdasarkan ketuntasan belajar siswa, menunjukkan bahwa lebih dari 75% dari keseluruhan sampel telah mencapai nilai ≥ 61 dengan rata-rata sebesar 81. Analisis data angket terkait minat serta kenyamanan siswa menunjukkan nilai sebesar 87,9%. Hal tersebut menunjukkan terbuktinya hipotesis kerja (H1) yakni adanya keefektifan penggunaan metode tamyiz terhadap pembelajaran anwa’ul kalimah di PTQ Tarbiyyatul Ummah.