Analisis Kebutuhan Guru Bahasa Arab MTS Dan MA Di Kota Kotamobagu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang bagaimana peta sebaran guru Bahasa Arab pada jenjang MTs dan MA  di Kota Kotamobagu pada tahun 2023 yang disajikan dalam bentuk tabel dan dijabarkan secara deskriptif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Angket disebar kepada guru-guru Bahasa Arab pada jenjang MTs dan MA di Kota Kotamobagu untuk mendapatkan data terkait latar belakang pendidikan dan beban mengajar. Wawancara kepada wakil-wakil kepala Madrasah bidang kurikulum dilakukan untuk mendapatkan informasi tambahan terkait gambaran kebutuhan guru bahasa Arab yang ada di masing-masing Madrasah. Dan dokumentasi dilakukan untuk memperoleh data tambahan berupa keadan guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 16 orang guru Bahasa Arab yang tersebar di 4 MTs dan 2 MA di Kota Kotamobagu. Berdasarkan jumlah tersebut masih terdapat guru yang memiliki latar belakang pendidikan non bahasa Arab. Dari jumlah tersebut pula diketahui bahwa sebagian besar guru tersebut belum tersertifikasi pendidik sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. Kekurangan dan kelebihan jam mengajar juga menajadi fenomena yang turut terjadi pada guru-guru Bahasa Arab di Kota Kotamobagu. Sehingga berdasrakan hasil analisis dan perhitungan yang telah dilakukan, diketahui bahwa sebaran guru Bahasa Arab baik pada jenjang MTs maupun MA di Kota Kotamobagu belum merata. Atau dengan kata lain, belum sesuainya distribusi jumlah guru Bahasa Arab dengan keadaan Madrasah