UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IS 5 MELALUI STRATEGI SELF QUESTIONING AND ANSWERING TEST DI SMA BERSAMA BERASTAGI KABUPATEN KARO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi self questioning and answering test. Dengan strategi self questioning and answering test ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam proses belajar mengajar, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa di SMA Bersama Berastagi Kabupaten Karo Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru bidang studi yang bertindak sebagai observer, di mana peneliti melakukan tindakan sebagai guru mata pelajaran ekonomi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XI IS 5 SMA Bersama Berastagi Kabupaten Karo Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Data yang dikumpulkan berhubungan dengan kreativitas belajar siswa berupa lembaran observasi dan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa melalui pemberian test. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis persentase dan mean score.  Hasil penelitian pada siklus I, kreativitas dan hasil belajar ekonomi siswa dalam pembelajaran dengan strategi berada pada kriteria baik, kreativitas yang masih rendah berada pada indikator kreativitas memberikan masukan pada teman pada saat diskusi mengalami peningkatan yang cukup baik. Hasil belajar yang diperoleh siswa rata-rata 69,85, dengan 20 orang siswa yang tuntas dari 33 orang siswa. Pada siklus II sudah terjadi peningkatan baik kreativitas maupun hasil belajar ekonomi siswa. Untuk kreativitas belajar siswa dapat dikategorikan pada kriteria baik dan amat baik, dan untuk hasil belajar pada siklus II telah diperoleh rata-rata 81,06 dengan 28 orang siswa yang tuntas dari 33 orang tuntas.  Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan pada guru dan kepala sekolah untuk dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa di SMA Bersama Berastagi dengan menjadikan straegi self questioning and answering test  yang dipadu dengan pemberian reinfercement dan pemberian reward sebagai alternatif dalam strategi pembelajaran.