KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-ILHAAM KECAMATAN WAMPU KABUPATEN LANGKAT

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada penelitian ini adalah kurang mampu guru mengelola pembelajaran di dalam kelas secara aktif dan kreatif, sehingga siswa cenderung kurang aktif dalam pembelajaran. Dan guru kurang mampu mengatur suasana kelas, sehingga siswa yang merasa kesulitan memahami pelajaran menjadi jenuh dan membuat keributan, menjadikan suasana kelas tidak kondusif. Penelitian ini bertujuan : Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ilhaam Kecamatan Wampu Kabupaten Langkat; untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola kelas untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran sejarah kebudayaan Islam; dan untuk mengetahui kendala guru dalam mengelola kelas di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ilhaam Kecamatan Wampu Kabupaten Langkat; serta untuk mengetahui solusi mengatasi kendala dalam mengelola kelas di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ilhaam Kecamatan Wampu Kabupaten Langkat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dari hasil penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa: pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ilhaam dilakukan dengan membuat perencanaan dalam pembelajaran, melakukan variasi dalam melaksanakan pembelajaran, namun kehadiran guru ke dalam kelas beberapa kali mengalami keterlambatan yang menjadikan siswa melakukan aktivitas lainnya dan terfokus pada aktivitas tersebut; dan kemampuan guru dalam mengelola kelas untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan memberikan penguatan kepada siswa sebelum memulai pembelajaran, mengajak siswa melakukan ice breaking dengan membuat kuis-kuis, dan guru menggunakan metode diskusi dalam pembelajaran; kemudian kendala guru dalam mengelola kelas di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ilhaam, yaitu siswa sering terlihat bosan dan mengantuk dikarenakan jam mata pelajaran SKI terkena jadwal siang, ada siswa yang asik dengan kegiatannya sendiri sehingga menimbulkan keributan di kelas, guru juga kurang menguasai penggunaan media pembelajaran; sehingga solusi dalam mengatasi kendala dalam mengelola kelas di Madrasah Ibtidaiyah Al- Ilhaam adalah dengan memberikan motivasi kepada siswa, guru juga memberikan hukuman kepada siswa yang ribut dengan memarahi dan atau menyuruhnya berdiri di depan kelas.