Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa di SMAN 1 Tosari Pasuruan

Abstract

Era globalisasi saat ini membawa perubahan yang sangat terasa hampir di segala aspek kehidupan manusia, tak terkecuali dalam aspek pendidikan. Hal tersebut menjadi tantangan dalam dunia pendidikan semakin besar, khususnya pendidikan Islam. Pendidikan Islam saat ini harus berhadapan dengan teknologi yang sangat mempengaruhi kondisi peserta didik. Sebagaimana yang terjadi di SMAN 1 Tosari Pasuruan, yang mana peserta didiknya sudah terkontaminasi dengan gadget, sehingga nilai-nilai religiusitas jarang diperhatikan. Penelitian ini mempunyai tujuan, yaitu 1) Untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan religiusitas siswa di SMAN 1 Tosari Pasuruan? 2) Untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung bagi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan religiusitas siswa di SMAN 1 Tosari Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa di SMAN 1 Tosari Pasuruan antara lain memberikan motivasi, pembiasaan membaca al-qur’an, pembiasaan shalat dhuha berjamaah, mewajibkan siswanya untuk mengikuti pelatihan keagamaan dan peringatan hari besar Islam. 2) Faktor penghambat bagi guru Pendidikan Agama Islam salam meningkatkan religiusitas siswa di SMAN 1 Tosari Pasuruan, antara lain : masih rendahnya minat siswa terhadap PAI, bawaan siswa masing-masing yang berbeda, lingkungan siswa yang berbeda-beda. 3) Faktor pendukung bagi guru Pendidikan Agama Islam salam meningkatkan religiusitas siswa di SMAN 1 Tosari Pasuruan : Kedisiplinan dan dukungan dari pihak sekolah. Kata Kunci: Guru Pendidikan Agama Islam, Religiusitas