Konsep Ilmu dan Relasinya dengan Teori Kebenaran dalam Perspektif Tafaqquh Fi Al-Din

Abstract

Perguruan Tinggi, sebagai lembaga ilmiah, merupakan tempat berbagai macam kegiatan ilmu pengetahuan dalam rangka mengusahakan tercapainya tujuan kegiatan ilmiah. Salah satu kegiatan pokok untuk mengusahakan ilmu pengetahuan tersebut adalah kegiatan perkuliahan. Kegiatan perkuliahan diharapkan dapat mengantar, mendampingi mahasiswa mengusahakan demi tercapainya kejelasan dan kebenaran tentang pokok kajian tertentu. Agar kegiatan ilmiah dalam perkuliahan dapat sampai pada tujuan yang dikehendaki, perlu pemahaman tentang kebenaran ilmiah. Dalam upaya membahas kebenaran ilmiah, tulisan ini terlebih dahulu dijelaskan tentang pengertian ilmu pengetahuan dan kebenaran, kemudian dilanjutkan dengan pembahasan teori tentang kebenaran. Selanjutnya akan dipaparkan salah satu jenis kebenaran, yaitu kebenaran ilmiah, sebagai kebenaran yang memang diusahakan dan dijadikan tujuan dalam kegiatan ilmiah. Penjelasansan berikutnya, akan ditempatkan pembahasan kegiatan perkuliahan sebagai kegiatan ilmiah yang mengusahakan tercapainya kejelasan dan kebenaran ilmu pengetahuan. Sedangkan pemaparan materi pada bagian akhir yaitu materi inti yang akan dibahas tentang analisis kritis tentang materi yang telah diuraikan sebelumnya dengan memperhatikan, antara lain; arti penting dan kegunaan dari materi sebelumnya bagi upaya mengembangkan wacana yang sedang dianalisis, kekurangan dan kelebihannya, serta hal-hal baru yang berkaitan dengan kemanusian dan keutamaan yang belum diungkapkan oleh sumber rujukan yang telah dikenal sebelumnya.