PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT DALAM MENINGKATKAN PRESTASI MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V MI HIKMATUN NAJAH DESA DOLOGAN

Abstract

Penerapan Metode Pembelajaran Card Sort dalam Meningkatkan Prestasi Mata Pelajaran IPA Kelas V MI Hikmatun Najah Desa Dologan Kecamatan Japah Kabupaten Blora Tengah Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Model Pembelajaran Cart Sortir di MI Hikmatun Najah Desa Dologan. 2) Prestasi belajar IPA di MI Hikmatun Najah Desa Dologan. 3) Pengaruh Metode Pembelajaran Card Sort terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas V siswa MI Hikmatun Najah Desa Dologan. Data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa model pembelajaran card sort berpengaruh terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa kelas V MI Hikmatun Najah Dologan Kabupaten Blora. Ini terbukti Berdasarkan: 1. Bagaimana model pembelajaran Card Sort di MI Hikmatun Najah Desa Dologan. Pembagian kuisioner kepada 26 responden tentang penerapan Card sort Metode dalam pembelajaran siswa yang dianalisis menunjukkan nilai 65% pada posisi 56% - 75%. 2) Bagaimana prestasi belajar IPA di MI Hikmatun Najah Desa Dologan. Dari hasil perhitungan pembelajaran siswa telah menganalisis nilai sebesar 82% pada posisi 76% -100%. Disimpulkan bahwa pembelajaran IPA Prestasi Kelas V MI V Hikmatun Najah Dologan Kabupaten Blora Baik. 3) Apakah ada pengaruh penerapan metode pembelajaran sortir kartu terhadap siswa. Prestasi belajar IPA kelas V MI Hikmatun Najah Desa Dologan, Kabupaten Blora, sehingga terdapat korelasi yang sedang atau cukup. Berdasarkan hasil perhitungan rxy = 0,618 yang kemudian dikonsultasikan dengan tabel interpretasi berarti ada korelasi sedang atau cukup