Profil Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Wallas Ditinjau dari Adversity Quotient

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran gejala, fenomena, atau fakta mengenai pemecahan masalah geometris berdasarkan tahapan Wallas dalam hal Adversity Quotient. Penelitian ini adalah studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Mata pelajaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMA Soko 1 Kabupaten Tuban yang berjumlah 35 siswa. Pemilihan mata pelajaran dilakukan dengan memberikan kuesioner respon kemalasan profil kepada 35 siswa di 1 kelas, yaitu SMA Negeri kelas X-1 Soko 1, Kabupaten Tuban. Dari kuesioner ARP dipilih sebanyak 3 siswa dari 35 siswa yaitu 1 kategori pendaki pelajar, 1 kategori camper mahasiswa dan 1 kategori student quitter. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif. Tes Kualitatif digunakan untuk menganalisis hasil tes dan wawancara siswa. Analisis kualitatif melakukan empat kegiatan secara bersamaan, yaitu: 1) pengurangan; 2) presentasi; 3) triangulasi, dan 4) kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa setiap subjek berbeda dalam memecahkan masalah geometri.