IDEOLOGI PENDIDIKAN PESANTREN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERILAKU IBADAH SHOLAT SANTRI PONPES KHOZINATUL ULUM BLORA

Abstract

Pondok pesantren sebagai pusat pendidikan berideologi tafaqquh fiddin diharapakan berimplikasi pada terbentuknya kesalehan pribadi dan sosial terutama dalam bentuk perilaku beribadah. Tulisan ini mencoba menggambarkan peran penting ideologi Pendidikan Ponpes Khozinatul Ulum Blora dengan mengungkap beberapa fakta sejauhmana ideologi pendidikan pesantren berpengaruh terhadap perilaku beribadah di Pondok Pesantren Khozinatul Ulum Blora. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa ideologi pesantren mampu menjadikan keyakinan-keyakinan individu santri. Keyakinan-keyakinan individu dan perilaku selaras pada taraf tertentu, kepemilikannya atas keyakinan-keyakinan itu dikuatkan atau dibenarkan dengan corak-corak perilaku yang sesuai hingga akhirnya sampai pada kesimpulan bahwa “keyakinan mengarahkan perilaku.