PENDIDIKAN AKHLAK DAN KENAKALAN REMAJA

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan peran Pendidikan Akhlak Islam di Indonesia perbaikan pedoman etika pergaulan remaja, bentuk-bentuk etika pedoman untuk remaja bergaul, dan pengaruh Pendidikan Moral pedoman pergaulan remaja siswa SMA N 1 Cepu. Hasilnya menunjukkan bahwa Pendidikan Islam digunakan sebagai pedoman dalam meningkatkan etika dan moral dalam kehidupan remaja bergaul dan mengurangi kenakalan peserta didik, dan hal itu diharapkan terbentuk kesalehan pribadi dan kesalehan sosial pelajar ditempatkan sebagai program unggulan di membentuk akhlak peserta didik berdasarkan pemahaman nilai-nilai agama Proses pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran yang bermakna, artinya penyampaian materi pembelajaran mengutamakan maknanya, sehingga Pendidikan Islam sebagai a panduan dan transformasi nilai moral. Pendidikan Akhlak Islam memiliki a pengaruh signifikan dalam kehidupan peserta didik baik di sekolah, di keluarga dan di masyarakat; Hal ini ditunjukkan dari karakter pembelajar seperti: Terpercaya, hormat, ketekunan, tanggung jawab, keberanian.