Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Ma’arif NU 2 Kemranjen Tahun Pelajaran 2017/2018

Abstract

Kualitas pembelajaran merupakan sesuatu yang perlu ditingkatkan seiring dengan perkembangan zaman. Pendidikan agama Islam adalah upaya sadar yang berlangsung dalam kehidupan manusia untuk memenuhi kebutuhannya melalui pembinaan, pengajaran, dan atau pelatihan untuk mewujudkan manusia yang berkualitas sehingga dapat mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat. Guru Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu pihak yang berperan dan bertanggung jawab dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI. Untuk itu perlu dilakukan penelitian tentang bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru PAI meningkatkan kualitas PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI melalui kegiatan belajar mengajar di kelas maupun di luar kelas, dilakukan dengan perencanaan pembelajaran, menggunakan metode dan media pembelajaran secara maksimal dan evaluasi, keberadaannya. dari program zero hour, adanya kelompok belajar dan kegiatan ekstrakurikuler berupa tawah, tartil dan hadroh. Di luar kelas dilakukan melalui PHBI, pesantren ekspres dan haji. Faktor pendukungnya adalah mayoritas guru yang merupakan lulusan pesantren, lingkungan pesantren yang kondusif dan jalinan kerjasama antara sekolah, orang tua dan masyarakat. Kendala yang dihadapi adalah masih adanya sebagian kecil santri yang tinggal di luar pondok pesantren sehingga tertinggal dalam materi pembelajaran PAI. Peningkatan kualitas pembelajaran PAI telah berhasil dilihat dari nilai rata-rata PAI yang diperoleh siswa setiap tahun yang terus meningkat.