MUTU SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN
Abstract
Dalam era globalisasi yang sangat kompetitif, jasa pendidikan pemasaran menjadi sangat penting untuk kelangsungan hidup organisasi pendidikan. Oleh karena itu, setiap institusi pendidikan harus memiliki strategi dalam memasarkan jasa pendidikan. Saat ini masih banyak sekolah yang memiliki pemasaran rendah dan belum memiliki strategi bersaing sehingga perlu adanya kesadaran berpikir dalam memilih strategi untuk menjalankan jasa pendidikan pemasaran. Strategi pemasaran jasa yang baik dapat dilakukan melalui pemilihan strategi pemasaran yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kualitas sebagai strategi yang paling tepat dalam memasarkan jasa pendidikan di SMP N 2 Blora. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber penelitian adalah: informan, proses kegiatan sekolah, dan dokumen sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis aliran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas mempunyai peran strategis yang efektif dalam strategi pemasaran jasa pendidikan di SMP N 2 Blora. Kualitas yang dimaksud adalah kualitas input pendidikan, kualitas proses pendidikan, dan kualitas output pendidikan. Ukuran standar pencapaian mutu melalui pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan. Untuk mewujudkan mutu yang unggul harus diupayakan pemeliharaannya, yaitu melalui empat fungsi manajemen, yaitu a). perencanaan kualitas pendidikan; b) menyelenggarakan kualitas pendidikan; c) pelaksanaan kualitas pendidikan; d) evaluasi mutu pendidikan. Dari beberapa uraian yang ada, salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh sekolah agar dapat selalu eksis dan lebih maju dalam memasarkan jasa pendidikan, sekolah harus memilih strategi yang paling tepat. Rekomendasi dari penelitian ini adalah kualitas dapat digunakan sebagai strategi yang efektif dalam memasarkan jasa pendidikan di SMP Negeri dan Swasta.