EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR (KKG PAI SD) DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DI KECAMATAN NGAWEN KABUPATEN BLORA
Abstract
Efektivitas dan efisiensi kegiatan kerja kelompok keguruan agama Islam sekolah dasar merupakan tolak ukur keberhasilan yang telah ditentukan dalam pencapaian program kegiatan organisasi guru SD PAI. Dan berusaha mencari cara yang baik untuk mencapai tujuan tersebut dengan berbagai upaya diantaranya melalui pendidikan, pelatihan dan pembinaan seperti KKG. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektivitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan program KKG PAI SD dalam meningkatkan profesionalisme guru di Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat efektivitas dan efisiensi kegiatan KKG SD PAI dalam meningkatkan profesionalisme guru di Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora (3) Mengetahui upaya mengatasi kendala dalam efektivitas dan efisiensi kegiatan KKG PAI SD dalam meningkatkan profesionalisme guru di Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora Kabupaten. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) responden yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Efektivitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan program KKG PAI SD di Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora sangat efektif dan efisien dalam meningkatkan profesionalisme guru, antara lain: menambah wawasan, pengetahuan, dan kemampuan guru SD PAI dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas, guru dapat bekerja sama dalam penyusunan perangkat pembelajaran, guru dapat menguasai secara mendalam materi yang akan diajarkan kepada siswa (2) Faktor pendukung dan penghambat KKG PAI Kegiatan SD dalam meningkatkan profesionalisme guru di Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora, untuk faktor pendukung antara lain: (a) faktor pendidikan, (b) faktor usia, (c) faktor motivasi. Faktor penghambat pelaksanaan kegiatan KKG PAI SD dalam meningkatkan profesionalisme guru di Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora, antara lain: (a) faktor sarana dan prasarana, (b) faktor pendanaan, (c) faktor penguasaan TI yang belum maksimal dan merata Tersebar (3) Solusi yang dapat dilakukan adalah agar SDG KKG PAI lebih intens dalam pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran, tetap konsisten sebagai wadah pembinaan profesional guru PAI dan kebutuhan KKG PAI SD secara optimal. terorganisir dan berdaya berkelanjutan.