IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN FIQH KELAS IV DI MI SALAFIYAH DAN MI BUSTANUL MUTA’ALIM KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Abstract

Implementasi Kurikulum 2013 pada Kegiatan Pembelajaran Fiqih Kelas IV di MI Salafiyah dan MI Bustanul Muta'alim Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Pembimbing Dr. Mukh Nursikin, M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran Fiqih kelas IV di MI Salafiyah Kabupaten Grobogan dan MI Bustanul Muta'alim Kabupaten Grobogan dengan menggunakan kurikulum 2013. Komponen implementasi kurikulum yang dibahas meliputi: (1) perencanaan pembelajaran, (2) kegiatan pembelajaran, (3) evaluasi kegiatan pembelajaran. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Deskripsi data penelitian tentang Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di MI Salafiyah dan MI Bustanul Muta'alim bahwa Guru Fiqih kelas IV telah melaksanakan pembelajaran dengan baik sesuai dengan RPP yang disusun. Secara umum tahapan pelaksanaan pembelajaran adalah kegiatan awal atau pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Pada kegiatan inti guru menerapkan pendekatan saintifik meliputi mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan Hasil pembelajaran Pelaksanaan pembelajaran disajikan dengan Hasil Evaluasi Pembelajaran dengan menerapkan kurikulum 2013. Pelaksanaan pembelajaran berlangsung dengan baik sesuai dengan kurikulum 2013. Dengan demikian, sekolah telah mampu menerapkan kurikulum 2013 dengan media pembelajaran yang sederhana, namun guru yang memiliki kepemimpinan yang tinggi akan mencapai keberhasilan dalam menerapkan kurikulum 2013 pada pembelajaran siswa di kelas.