The Viral of Hadist: Dimensi dan Makna Meme #Hadis Dalam Media Sosial Instagram
Abstract
Diseminasi gambar meme hadis melalui tagar #hadis dalam media sosial Instagram telah memunculkan dimensi dan makna yang kompleks dan kontekstual. Studi-studi yang pernah membahas konteks tersebut hanya fokus pada aspek komunikasi, sehingga dimensi dan makna gambar meme hadis yang diseminasikan dalam media sosial Instagram belum dijelaskan secara komprehensif. Studi ini fokus pada pertanyaan “Bagaimana dimensi dan makna gambar meme hadis pada tagar #hadis yang diseminasikan dalam media sosial Instagram?” Untuk menjawab pertanyaan tersebut studi ini menggunakan metode netnografi bersifat deskriptif kualitatif dalam menginvestigasi karakteristik dan makna yang ada dibalik sebuah gambar meme hadis yang diseminasikan dalam media sosial Instagram. Temuan dalam studi ini memperlihatkan bahwa dimensi dari gambar meme hadis dalam tagar #hadis yang diseminasikan melalui media sosial Instagram muncul dalam tiga dimensi, yaitu; gambar meme hadis berdimensi spiritual, kultural, dan sosial. Dari tiga dimensi hadis tersebut juga memuat makna-makna yang bersifat motivatif, evaluatif, dan reflektif. Studi ini juga merekomendasikan pentingnya studi yang menjelaskan faktor munculnya gambar meme hadis tersebut dengan mewawancara pengguna media sosial Instagram yang mengunggah gambar meme, guna memperoleh pemahaman yang komprehensif dan lebih empiris lagi.