Penggunaan Huruf Lam Dalam Al-Qur`An Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Qawaidul Lughah Al-Arabiyah
Abstract
Memahami makna sebuah kata menjadi hal mendasar yang mesti dikuasai setiap manusia sebagai makhluk sosial yang senantiasa menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi antar sesamanya. Penelitian ini mengungkap pentingnya memahami fungsi dan makna huruf sebagai unsur terkecil dalam berbahasa, terlebih dalam teks-teks keagamaan yang sangat erat kaitannya dengan peribadahan, serta menemukan implikasinya terhadap pembelajaran Qawaidul Lughah Al-Arabiyah melalui metode deskriptif kualitatif dengan instrumen berupa dokumen yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan. Dalam hal ini huruf lam merupakan salah satu huruf ma’aniy yang seringkali digunakan dalam berbagai susunan kalimat, hal ini terlihat dari jenisnya yang mencapai 31 jenis, sedangkan pengkajian terhadap huruf lam masih sangat minim. Dari penelitian ini ditemukan 206 huruf lam dengan berbagai fungsi dan makna yang dikategorikan pada dua jenis yakni amilah dan ghaer amilah, lam amilah terdiri dari 2 jenis: jarah dan nashibah yang berjumlah 173 huruf, dan lam ghaer amilah yang terdiri dari 7 jenis dengan total 33 huruf. Adapun implikasi penelitian ini terhadap pembelajaran Qawaidul Lughah Al-Arabiyah ialah bahwa memahami fungsi dan makna huruf lam akan berpengaruh terhadap pemaknaan teks sumber, sehingga hasilnya sesuai dengan konteks yang dimaksud.