Manajemen Materi Pendidikan Dalam Perspektif Hadits
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pentingnya manajemen dalam mengembangkan materi pendidikan Islam di Indonesia sesuai dengan perspektif hadits di dalam pendidikan, dan materi ini juga dilandasi pendidikan agama Islam, yang mana materi pendidikan ini dipaparkan dalam perspektif hadits dan materi pendidikan ini juga sudah disusun sedemikian rupa agar dapat diajarkan kepada anak didik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan library research, yang menggunakan pendekatan studi kepustakaan dengan cara mengkaji sebuah buku, jurnal, dan juga sumber data yang sangat relevan. Hasil dari penelitian ini ialah Al-Qur’an dan juga As-Sunnah yaitu salah satu sumber yang dijadikan materi pelajaran di dalam pendidikan Islam. Dan juga materi pelajaran ini dijadikan suatu acuan semangat belajar agama Islam agar mencapai suatu tujuan yang sudah ditentukan di dalam pendidikan Islam dengan terbentuknya suatu keseimbangan pada setiap diri siswa secara menyeluruh dengan melakukan suatu pelatihan seperti jiwa, intelektual, dan juga panca inderanya. Materi pendidikan Islam seharusnya mencakup seluruh aspek perkembangan fitrahnya para siswa, aspek spiritual, intelektual, imajinasi, fisik, ilmiah dan bahasa. Hadis-hadis Nabi ini juga memberikan kita suatu pelajaran dalam materi pendidikan Islam ini sendiri seperti, materi Akidah, Akhlak dan juga ibadah agar setiap ummatnya belajar menyeimbangkan semua kebutuhannya di dalam pendidikannya sesuai dengan hadits tersebut yang sudah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, dan juga sesuai dengan Syari’at Islam.