Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Peningkatan Mutu Lulusan pada Madrasah Tsanawiyah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana manajemen pembiayaan pendidikan dalam peningkatan mutu lulusan di MTsS PTP-VI Berangir. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kualitatif pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilaksanakan di MTsS PTP-VI Berangir Kabupaten Labuhanbatu Utara Provinsi Sumatera Utara. Informan pada riset ini berjumlah tiga orang yang terdiri dari Ketua Yayasan, Kepala Madrasah, dan Bendahara. Dalam penelitian ini digunakan teknik purposive sampling, dan diyakini para informan akan mampu memberikan informasi yang tepat dan benar. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, serta verifikasi. Uji keabsahan data terdiri dari kredibilitas, dependabilitas, serta komfirmabilitas. Uji kredibiltas menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan pembiayaan pendidikan dalam peningkatan mutu lulusan di MTsS PTP-VI Berangir sudah direncanakan dengan baik. Hal itu ditandai dengan komitmen yang kuat dari Ketua Yayasan dan Kepala Madrasah dalam memajukan Madrasah dan mutu lulusannya. Pelaksanaan pembiayaan pendidikan dalam peningkatan mutu lulusan di MTsS PTP-VI Berangir sudah berjalan dengan optimal dibuktikan dengan melakukan berbagai macam strategi sehingga pemanfaatan dana bisa efektif dan efisien. Transparansi pembiayaan pendidikan dalam peningkatan mutu lulusan di MTsS PTP-VI Berangir sudah dilakukan dengan terang benderang. Hal tersebut dibuktikan ketika menyusun laporan penggunaan dana dan ketika melaporkan penggunaan dana melibatkan beberapa pihak yang terkait.