Implementasi Manajemen Peserta Didik di MTsS PTP-VI Berangir

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana manajemen peserta didik di MTsS PTP-VI Berangir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MTsS PTP-VI Berangir Kabupaten Labuhanbatu Utara Provinsi Sumatera Utara. Informan pada riset ini terdiri Kepala Madrasah, PKM bidang Kesiswaan, dan lima orang guru tetap yayasan. Penentuan informan berdasarkan purposive sampling. Data primer bersumber pada wawancara dan observasi langsung tentang manajemen peserta didik di MTsS PTP-VI Berangir. Data sekunder umumnya dalam bentuk dokumen seperti data siswa, daftar penerimaan peserta didik baru, laporan kegiatan pembina osis, daftar prestasi siswa, daftar kasus siswa, arsip-arsip, serta data aktivitas yang berlangsung yang berkaitan dengan manajemen peserta didik di MTsS PTP-VI Berangir. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, serta verifikasi. Uji keabsahan data terdiri dari kredibilitas, dependabilitas, serta komfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen rekrutmen peserta didik baru sudah dipersiapkan dengan matang seperti melakukan promosi, menyebarkan pengumuman rekrutmen, menyiapkan formulir pendaftaran, melaksanakan seleksi, serta mempertimbangkan daya tampung peserta didik dan sarana prasarana. Manajemen pembinaan peserta didik dilaksanakan dengan beberapa strategi yang efektif untuk pencapaian tujuan pembinaan peserta didik dan juga dengan berbagai program seperti pembinaan akademik, pembinaan ekstrakurikuler, pembinaan karakter, dan pembinaan sosial. Manajemen kelulusan dan alumni sudah dilakukan dengan baik yaitu dengan membangun database alumni yang akurat dan mengarahkan alumni untuk bisa memilih sekolah lanjutan yang sesuai dan yang diinginkan oleh alumni tersebut.