OPTIMALISASI KOMPETENSI MENDESAIAN BAHAN AJAR DENGAN MICROSOFT POWER POINT 2016 BAGI GURU MATA PELAJARAN MELALUI SUPERVISI INTERNAL DI SMA NEGERI 1 SITAHUIS

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yakni : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator kinerja yang ditetapkan adalah bila kompetensi dan nilai evalauasi  guru mendesain bahan ajar dengan menggunakan microsoft power point 2016 mendapat 80.00% dan Nilai rata-rata 75,00 maka dikatakan tindakan yang diterapkan berhasil. Aspek yang diukur dalam observasi adalah kemampuan guru-guru PNS dan Non PNS  merancang bahan ajar dengan Microsoft Power Point 2016 di SMA Negeri 1 Sitahuis, Kabupaten Tapanuli Tengah. Hasil penelitian kondisi  awal diperoleh nilai rata-rata  evaluasi guru menggunakan Microsoft  Power Point 2016 : 56.56  dengan kompetensi guru 45.63%. Hasil Supervisi Internal  Siklus I  nilai rata-rata evaluasi guru menggunakan Micorosoft Power Point adalah 72.97 dimana guru yang mencapai nilai tuntas sebanyak 9 orang  dengan kompetensi  guru sebesar 73.13% . Pada Siklus II memperoleh nilai  rata-rata evaluasi  guru menggunakan Microsoft Power Point 2916 sebesar  84.06  dengan kompetensi guru sebesar : 97.50%. Berdasarkan hasil temuan-temuan penelitian  bahwa terjadi peningkatan kemampuan guru mata pelajaran  dalam merancang bahan ajar dengan menggunakan Microsoft Power Point 2016 dari  kondisi awal, siklus I  dan  siklus II secara signifikan. Ketercapaian indikator kinerja terdapat pada tindakan ke II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa supervisi internal oleh kepala sekolah dapat meningkatkan kompetensi  guru mata pelajaran  merancang bahan ajar di SMA Negeri 1 Sitahuis  Tahun Pelajaran 2019/2020 semester ganjil.