PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X Di SMA INS KAYU TANAM
Abstract
<p>Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Penggunaan <em>Mind Mapping </em>terhadap Hasil Belajar Ekonomi kelas X di SMA INS Kayu Tanam. Jenis penelitian ini adalah penelitian <em>Quasi Experiment. </em>Populasi<em> </em>Penelitian ini adalah seluruh Kelas X di SMA INS Kayu Tanam. Sampel ditentukan melalui Teknik Total Sampling, berdasarkan teknik tersebut diperoleh Kelas X<sub>1</sub> sebagai Kelas Eksperimen (dengan Model Mind Mapping )dan Kelas X<sub>2</sub> sebagai Kelas Kontrol (dengan Pembelajaran Konvensial). Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil belajar Ekonomi yang dikumpulkan melalui tes objektif pilihan berganda. Data analisis dengan menggunakan statistic deskriptif dan statistic inferensial (uji t)<strong></strong></p><p>Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar pada<em> </em> mata pelajaran Ekonomi kelas X<sub>1</sub> di SMA INS Kayu Tanam pada kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran<em>Mind Mapping </em>memperoleh niai rata- rata post test 87.50 dan sementara dikelas kontrol memperoleh nilai rata- rata post test 77.12, 3). Berdasarkan hasil uji t dengan taraf signifikansi 5% diperleh t<sub>hit </sub>> t<sub>tab </sub>. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model <em>Mind Mapping</em> berpengaruh positif terhadap hasil belajar Ekonomi sisw kelas X di SMA INS Kayu Tanam</p>