IMPLEMENTASI METODE PEMBERIAN TUGAS DAN RESITASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI BELAJAR GLOBALISASI DAN CINTA TANAH AIR BAGI SISWA DI KELAS VI.A SDN NO. 085115 SIBOLGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi belajar siswa pada materi Tema 4 Subtema 3 Globalisasi dan Cinta Tanah Air. Pada umumnya pembelajaran tematik di sekolah dasar disampaikan oleh guru melalui pendekatan konvensional dimana pendekatan pembelajaran tersebut membuat siswa kurang aktif. Hal ini disebabkan antara lain: kelas dikuasai oleh guru, siswa pasif dan guru yang aktif. Untuk itu penulis menggunakan metode yang dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam memecahkan masalah terhadap materi pelajaran sehingga kompetensi belajar siswa meningkat. Belajar bukan suatu yang berdiri sendiri, melainkan bertalian dengan sejumlah perubahan-perubahan yang mempengaruhi pembinaan kurikulum. Perubahan-perubahan tersebut antara lain : perubahan dalam sifat dan pola ilmu pengetahuan manusia, perubahan dalam masyarakat dan taksiran tentang tuntutan, perubahan-perubahan mengenai pengertian tentang anak dan cara belajar dan perubahan dalam media komunikasi.</p><p>Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam empat tahap kegiatan yang meliputi kegiatan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Metode Pemberian Tugas dan Resitasi menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar yang berpengaruh terhadap kompetensi dan hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh dari test memperoleh nilai rata-rata kelas 80.00 yang semula 61.46 dengan peningkatan ketuntasan belajar sebesar : 58.34 %. Berdasarkan temuan dan pembahasan hasil penelitian penulis dapat menyimpulkan bahwa Metode Pemberian Tugas dan Resitasi tepat dan bermanfaat sebagai metode pembelajaran di kelas untuk meningkatkan kompetensi belajar terutama pada tema 4 subtema 3 globalisasi dan cinta tanah air terutama di Kelas VI.A SD Negeri Nomor 085115 Sibolga T.P. 2019/2020.</p>