Implementasi Karakter Khalifah Dalam Al-Qur’an Sebagai Dasar Tujuan Pendidikan Islam

Abstract

Salah satu landasan pendidikan yang dapat diambil dari ajaran Islam adalah berkaitan dengan penggunaan konsep khalifah. Pada umumnya konsep khalifah yang terdapat di dalam al-Qur’an biasa dibahas berkaitan dengan diskursus tentang kepemimpinan, meski demikian karena salah satu tujuan pendidikan adalah guna mencetak generasi yang kelak akan melanjutkan estafeta kepemimpinan, maka pembahasan tentang konsep khalifah juga layak diperbincangkan pada ranah pendidikan. Artikel ini bertujuan untuk menguraikan implementasi karakter khalifah dalam al-Qur’an sebagai dasar tujuan pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mendasarkan pada studi pustaka dan metode tafsir tematik al-Qur’an (tafsir maudlu’i). Adapun hasil dari penelitian ini adalah beberapa karakter perserta didik yang menjadi tujuan pendidikan Islam adalah: 1) memiliki sikap rendah hati; 2) bertanggungjawab terhadap ilmu yang dimilikinya; 3) dapat meneladani Nama-nama dan Sifat-sifat Allah; 4) memiliki ketaatan kepada Allah ; 5) menjadi pribadi yang profesional sesuai dengan bidang keahliannya; 6) memiliki keseimbangan antara iman dan ilmu; 7) menjadi agen perubahan guna membentuk tatanan masyarakat yang lebih baik; 8) senantiasa berlaku adil dan tidak mengikuti hawa nafsu; dan 9) senantiasa mengharapkan ridha dari Allah