Sumber Belajar Dalam Perspektif Hadits Tarbawi

Abstract

Tulisan ini bertujuan mengkaji sumber belajar pendidikan Islam di mana sejak awal kelahirannya, Islam sudah memberikan penghargaan yang begitu besar kepada ilmu. Nabi Muhammad ? ketika diutus oleh Allah ? sebagai Rasul, hidup dalam masyarakat yang terbelakang. Kemudian Islam datang menawarkan cahaya penerang yang mengubah masyarakat Arab jahiliyah menjadi masyarakat yang berilmu. Tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kajian kepustakaan (library research) dan sumber datanya sekunder. Hasil yang diperoleh dalam tulisan ini yaitu Sumber Islam adalah Alquran dan Sunah Rasulullah ?, maka sumber belajar adalah semua yang terkandung dalam ruang lingkup tersebut meliputi diri pribadi Rasulullah ? sebagai suri tauladan terbaik beserta pesan-pesan yang di sampaikannya berupa hadist Rasulullah ? dan juga para alim ulama yang selalu senantiasa mengkaji untuk merelevansikannya ke setiap lini kehidupan saat ini.