PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MATERI BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA

Abstract

Abstrak Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran interaktif untuk mendukung pembelajaran IPA SD dimasa pandemi. Peneliti menggunakan model ADDIE untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif untuk siswa SD kelas IV. Penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis android yang dikembangkan memiliki tingkat validitas yang tinggi dari segi materi, desain, dan estetika. Skor ahli materi dan media masing-masing menunjukkan kategori yang baik. Selain itu, siswa sekolah dasar yang menjadi responden memberikan tanggapan positif mengenai daya tarik media pembelajaran yang telah dikembangkan. Kemampuan untuk menyajikan konten melalui teks, gambar, hyperlink, video, dan animasi merupakan keunggulan dari penggunaan Storyline untuk membuat materi pembelajaran interaktif untuk android. Media pembelajaran interaktif berbasis android juga menyediakan kuis interaktif dengan umpan balik yang cepat. Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis android didalam proses pembelajaran juga memiliki kelemahan dari aspek kebutuhannya terhadap smartphone, dan prosedur produksinya membutuhkan software desain grafis dan video editing. Oleh karena itu, guru disarankan untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam menggunakan teknologi digital dan strategi yang berpusat pada siswa. Kata kunci : Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Articulate Storyline, Pembelajaran IPA Â Abstract This study aims to develop interactive multimedia as a science learning medium in the midst of the covid-19 pandemic for grade 4 Madrasah Ibtidaiyah material for plant parts and their functions, as well as to determine the feasibility of the product from the material aspect, appearance aspect and attractiveness aspect for science learning at Madrasah Ibtidaiyah. The subjects of this study were Elementary School teachers and Madrasah Ibtidaiyah teachers as well as 4th grade MI/SD students. The method used is the R&D (Research and Development) method using the ADDIE development model. To determine the feasibility of this multimedia, the researchers involved material experts and media experts, as well as 3 students for the attractiveness criteria by providing a Likert scale questionnaire. And the results showed that the average percentage figure was 80.65% so that the media was categorized as Good for product eligibility criteria and the results of the responses of 3 students after using interactive media based on articulate storylines reached a percentage figure of 94%, including the Very good category from the attractiveness aspect. . So that this media is good and feasible if it is used to support learning in the network and learning outside the network. Keywords: Learning Media, Interactive Multimedia, Articulate Storyline, Science Learning