KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DASAR SISWA KELAS V SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan literasi numerasi dasar siswa kelas V SDN Tanak Embang. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN Tanak Embang. Teknik simple random sampling dipergunakan untuk menentukan kelas control dan kelas eksperimen. Kelas VA yang berjumlah 21 siswa sebagai kelas control dan kelas VB yang berjumlah 21 siswa sebagai kelas eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Instrumen yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah 10 soal uraian bangun datar sederhana. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji N-gain digunakan untuk melihat selisih antara nilai pretest dan posttest pada kelas control dan kelas eksperimen. Uji Wilcoxon menunjukkan ada perbedaan antara nilai pretest dengan nilai posttest, dimana nilai posttest lebih tinggi daripada pretest. Uji N-Gain menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran TTW kurang efektif terhadap kemampuan literasi numerasi dasar siswa kelas V SD sedangkan penggunaan model pembelajaran konvensional tidak efektif terhadap kemampuan literasi numerasi dasar siswa kelas V SD.