PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS LEARNING CYCLE 5 E SUBTEMA SUHU DAN KALOR UNTUK SISWA KELAS V SDN 66 PEKANBARU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis learning cycle 5e subtema suhu dan kalor untuk siswa kelas V SD. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode tipe formative research, peneitian pengembangan difokuskan pada dua tahap yaitu pendahuluan (premilinary) dan tahap formative evaluation yang meliputi self evaluation, prototyping (expert reviews, one-to-one dan small group), serta field test. Namun pada penelitian ini difokuskan pada tahap preliminary dan tahap formative evaluation yang meliputi self evaluation, proto typing (expert reviews). Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Berdasarkan pada penilaian oleh ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain  memperoleh hasil 93,184% dengan kategori valid. Presentase keseluruhan tersebut diperoleh berdasarkan dari validasi materi 88,125% dengan kategori valid, validasi bahasa 95% dengan kategori valid, dan validasi desain 96,428% dengan kategori valid.