PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG
Abstract
Proses pembelajaran yang kurang bervariasi menyebabkan siswa menjadi kurang aktif. Hal ini akan berpengaruh dalam hasil belajarnya. Untuk membantu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa maka peneliti mencoba meneliti dengan menggunakan model pembelajaran word square. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran word square terhadap keaktifan belajar, hasil belajar, maupun keaktifan dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu. Teknik sampling menggunakan nonprobability sampling. Populasi dan sampel berjumlah sama, yaitu 38 siswa kelas V MI Hidayatul Mubtadiin yang dikelompokkan dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. (1) Hasil uji T angket keaktifan diperoleh Sig. 0,002 < 0,05, maka Ha diterima (2) hasil uji T tes hasil belajar diperoleh Sig. 0,026 < 0,05, maka Ha diterima (3) hasil uji manova angket keaktifan dan tes hasil belajar diperoleh Sig. 0,007 < 0,05, maka Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan keaktifan, hasil belajar, maupun keaktifan dan hasil belajar siswa setelah diberikan model pembelajaran word square mata pelajaran IPA di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Word Square, Keaktifan, Hasil Belajar