KETERAMPILAN GURU DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN DI SDN LIALANG KOTA SERANG
Abstract
Dalam dunia pembelajaran, perencanaan dan persiapan pembelajaran merupakan hal yang sangat penting, penggunaan media yang sesuai dapat mendukung tercapainya tujuan pembelajaran, sehingga diharapkan pembelajaran berjalan sesuai dengan apa yang rencanakan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran membaca permulaan di SDN Lialang kota Serang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Data penelitian ini bersumber dari hasil observasi, hasil wawancara dengan narasumber terkait dan studi dokumen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan keterampilan guru dalam pembuatan media pembelajaran membaca permulaan di SDN Lialang kota Serang mengalami peningkatan seiring dengan kendala-kendala yang dihadapi, beberapa hasil kreasi media pembelajaran terbuat dari bahan bekas pakai yang dimanfaatkan kembali menjadi media pembelajaran, seperti kartu huruf dan buku baca.