STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI RUMAH QUR’AN AL – MUSLIMUN SURAKARTA 2021/2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan Akhlakul Karimah Siswa di Rumah Qur’an Al – Muslimun Surakarta dan kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan Akhlakul Karimah siswa di Rumah Qur’an Al – Muslimun Surakarta. Penelitian ini bertempat di Rumah Qur’an Al – Muslimun Surakarta menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari Mudir, wakil Mudir dan sekretaris Rumah Qur’an Al – Muslimun Surakarta serta para ustadz. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk Akhlakul Karimah siswa di Rumah Qur’an Al – Muslimun Surakarta dilakukan dengan cara meningkatkan mutu pembelajaran tentang akhlak baik yang bersifat kegiatan kurikuler maupun ekstrakurikuler, membiasakan hidup disiplin dikalangan siswa, melakukan pembinaan akhlak siswa, menggunakan metode contoh dan keteladanan, metode pembiasaan, metode kisah. Strategi lain berupa arahan, bimbingan atau nasehat dan strategi hukuman. Kendala guru dalam membentuk Akhlakul Karimah siswa di Rumah Qur’an Al – Muslimun Surakarta ialah sebagian siswa kurang menyadari pentingnya akhlakul karimah dalam kehidupan, masih minimnya kerja sama di kalangan guru dalam membina akhlak siswa serta keterbatasan sarana dan prasarana pendukung dalam pembentukan akhlakul karimah siswa.