Penerapan Strategi Guided Note Taking untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Penciptaan Manusia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa yang masih rendah pada materi Penciptaan Manusia Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas XI IPS di MA Syekh Abdul Qodir Al-Jailani (SAQA) Rangkang Kraksaan Tahun Pelajaran 2022-2023. Pada pra siklus, seluruh siswa belum memahami materi penciptaan manusia. Lalu setelah diterapkan strategi Guided Note Taking pada siklus I, maka siswa yang memahami materi penciptaan manusia meningkat menjadi 55,5%. Walaupun siswa yang memahami materi penciptaan manusia sudah meningkat, namun hal tersebut belum mencapai indikator keberasilan penelitian. Untuk memaksimalkan usaha peningkatan pemahaman siswa tentang penciptaan manusia, peneliti melanjutkan penelitian pada siklus II. Pada siklus II, peningkatan jumlah siswa yang memahami materi semakin tinggi. Berdasarkan data dapat diketahui bahwa seluruh siswa berhasil mencapai KKM yaitu 75 pada siklus II. Dalam informasi tersebut dapat ditarik benang merah bahwasanya penerapan strategi Guided Note Taking mampu meningkatkan pemahaman siswa terkait materi Penciptaan Manusia mata pelajaran Al-Qur’an Hadis.