Peran Guru Penggerak dalam Meningkatkan Pemerataan Kualitas Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru penggerak dalam meningkatkan pemerataan kualitas kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri 104267 Pegajahan. Fokus kajian pada penelitian ini yaitu pada peran guru penggerak di sekolah, faktor-faktor pendudukung guru penggerak di sekolah serta yang menjadi hambatan dalam peran guru penggerak di sekolah. Penelitian ini menganalisis upaya-upaya yang dilakukan oleh guru penggerak dalam meningkatkan pemerataan kualitas kinerja guru di Sekolah Negeri 104267 Pegajahan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dekskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah observasi, wawancara dan sumber lain yang dianggap mampu mengembangkan penelitian. Data yang diperoleh kemudian diambil kesimpulan dari reduksi dan penampilan data. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa usaha yang dilakukan guru penggerak dalam pemerataan kualitas kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri 104267 Pegajahan bahwasanya peran aktif guru penggerak dalam pemerataan kinerja guru telah aktif dilaksanakan pada sekolah ini dan telah dilaksanakan dalam proses pembelajaran daring maupun luring. Dalam pelaksanaan ini guru harus berperan aktif dan wajib memiliki keahlian dalam ilmu teknologi (IT), adapun kendala yang dilami yaitu pada waktu yang terbatas sehingga menjadikan peran guru penggerak terbatas dan tidak leluasa melaksanakan perannya sebagai guru penggerak.