Inovasi Pelatihan Guru Berbasis Data: Optimalisasi Program melalui Keterlibatan Forum Guru dan Yayasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji asumsi bahwa program pelatihan guru tidak perlu berdasarkan pada pengambilan keputusan yang berdasarkan data. Penelitian ini mendiskusikan bahwa pendekatan tersebut mengabaikan faktor-faktor kontekstual dan peran penting guru dalam pengembangan profesional mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan melakukan studi kasus ganda pada tiga sekolah dasar Islam yang menerapkan program pelatihan guru berbasis data. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa guru-guru agama menghadapi berbagai tantangan dalam beradaptasi dengan era digital, dalam hal ini forum guru memiliki peran yang signifikan dalam menentukan konten serta format program pelatihan dan manajemen yayasan memiliki pengaruh penting terhadap kualitas serta keberlanjutan program pelatihan. Berdasarkan temuan, dapat disimpulkan bahwa program pelatihan guru harus lebih responsif terhadap kebutuhan dan preferensi para guru.