Implementasi Variasi Metode Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Fiqih “Munakahat” Kelas XII di SMA Al-Azami Cianjur

Abstract

Tahapan awal yang mesti dilalui untuk mencapai tujuan pendidikan yaitu melalui pembelajaran. Masih banyak ditemukan fakta bahwa selama ini metode pembelajaran untuk mata pelajaran fiqih terkesan monoton dan membosankan. Dampaknya tidak jarang pula karena alasan mengejar target kurikulum, pendidik merasa terbebani sehingga mengabaikan proses pembelajaran. Pendekatan dalam penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil latar SMA Al-Azami Cianjur. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran fiqih di SMA Al-Azami Cianjur sudah menggunakan metode pembelajaran yang cukup bervariasi, yaitu menggunakan lebih dari dua atau tiga metode pembelajaran dalam satu kali proses pembelajaran. Adapun penerapan dari variasi metode yang diterapkan selama proses pembelajaran yaitu melalui perencanaan, penggunaan, dan evaluasi.