ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS DAN REPUTASI UNDERWRITER TERHADAP UNDERPRICING PADA PENAWARAN SAHAM PERDANA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Profitabilitas, dan Reputasi Underwriter terhadap Underpricing Saham Perdana. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang melakukan initial public offering dan mengalami underpricing di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019 sebanyak 159 perusahaan. Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria tertentu, selama periode penelitian. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan maka diperoleh jumlah data yang dapat diolah sebanyak 84 data. Metode analisis yang digunakan adalah regresi liniear berganda yang diolah menggunakan Eviews 9. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Profitabilitas yang diukur dengan Return on Asset (ROA) dan Reputasi Underwriter. Variabel dependen penelitian ini adalah Underpricing Saham Perdana. Jenis data yang dipakai adalah data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Profitabilitas, dan Reputasi Underwriter berpengaruh negatif terhadap Underpricing Saham Perdana pada perusahaan yang melakukan initial public offering di Bursa Efek Indonesia.